Jurnal lemak dalam tubuh ternak

Jumlah lemak dalam bahan pakan ternak ruminansia umumnya tidak banyak. Setiap hewan mempunyai suhu keritis rendah, di daerah tropis, penampilan produksinya tidak akan setinggi di daerah dingin yang dimaksud dengan suhu kritis adalah batas suhu terendah dari kisaran suhu termonetral.

Vitamin B6 piridoxin Vitamin B6 termasuk tiga senyawa: Mengetahui apa itu lemak b. Kartadisastra, H. Penebar Swadaya.

Mengetahui dampak dari lemak untuk reproduksi ternak d. Apabila jumlah pakan yang dikonsumsi disediakan lebih rendah daripada kebutuhannya, ternak akan kehilangan berat badannya terutama selama masa puncak produksi di samping performansi produksinya tidak optimal.

Karena ternak pada umumnya tergantung pada tanaman sebagai sumber makanannya. Lemak ini merupakan ester asam lemak yang mengandung gugus lain yang terikat pada alkoholnya.

Pengaruh Kecukupan Nutrisi Terhadap Status Reproduksi Ruminansia (Sapi,Kambing,Domba)

Hal inilah yang menumbuhkan daya tarik dan merangsang ternak untuk mengkonsumsinya. Energi yang dibutuhkan dapat diperoleh dari karbohidrat, lemak dan protein.

Metabolisme Lemak Pada Ternak Ruminansia

Ferrel, C. Ada tiga faktor yang menentukan sifat asam lemak yaitu: Diyakini bahwa penurunan performan reproduksi akan terjadi ketika terjadi kekurangan energi di dalam tubuh ternak.

Secara umum Vitamin A dapat ditemukan dalam tepung ikan dan jagung. Supplement Beberapa faktor diantaranya adalah pergerakan tubuh mereka sangat berpengaruh dan tentunya ketika di rendam di dalamair pun suhu tubuh mereka akan berubah drastis.

Tanpa makanan yang baik dan dalam jumlah yang memadai maka meskipun ternak tersebut merupakan bibit unggul akan kurang dapat memperlihatkan keunggulannya. Oleh karena itu, pemberian Rumen Aider sangat penting terutama pada induk bunting 7 bulan dan setelah beranak. Konsentrasi energi pakan ini berbanding terbalik dengan tingkat konsumsinya.

Sebagian besar hewan dapat bertahan hidup menghadapi fruktuasi lingkungan ekstenal yang lebih ekstrim dibandingkan dengan keadaan yang sangat ditolerir oleh setiap individu selnya. Pengertian Lemak Lemak merupakan golongan senyawa-senyawa yang tidak larut baik dalam air atau larutan yang mengandung campuran air, tetapi lemak larut dalam pelarut organik seperti heksan.

Pada ternak muda, kekurangan nutrien dapat memperlambat perkembangan organ seksual dan tercapainya pubertas Brown, Sedangkan produk metabolis yang tidak dimanfaatkan oleh ternak yang pada umumnya berupa gas akan dikeluarkan dari rumen melalui proses eruktasi.

Tingginya suhu lingkungan dapat juga menyebabkan terjadinya cekaman oksidatif dalam tubuh, sehingga menimbulkan munculnya radikal bebas yang berlebihan Wijayanti, Peranan lain dari vitamin C ini yaitu sebagai antioksidan.Fungsi lain dari pakan adalah untuk memelihara daya tahan tubuh dan kesehatan.

Agar ternak tumbuh sesuai dengan yang diharapkan, jenis pakan yang diberikan pada ternak harus bermutu baik dan dalam jumlah cukup.

Pakan yang sering diberikan pada ternak kerja antara lain berupa: hijauan dan konsentrat (makanan penguat).Author: elbfrollein.comd Alwi. Tingginya suhu lingkungan di daerah tropis pada siang hari dapat mencapai 34ÂșC dapat mengakibatkan terjadinya penimbunan panas dalam tubuh, sehingga ternak mengalami cekaman panas.

Deposisi lemak berhubungan dengan jumlah adipose sel dan ukuran tubuh ternak. Terdapat hubungan yang erat dan temporal antara jaringan adipocytes dan jaringan pembuluh darah yang ditunjukkan pada suplai nutrisi pada adipocyte.

Hal tersebut beralasan untuk mengasumsikan bahwa pembuluh darah akan mendahului penyusunan adipocytes pada tempat khusus. Bila lemak (trigliserida, glikolipida, fosfolipida) dikonsumsi oleh ternak ruminansia, maka ketika masuk ke dalam rumen, akan terjadi dua proses besar yaitu proses hidrolisis ikatan ester dalam lemak yang berasal dari pakan dan proses biohidrogenasi asam lemak yang tidak jenuh yang terjadi setelah lemak dihidrolisis menjadi asam lemak bebas.

semua nutrisi memiliki peranan tersendiri didalam tubuh, baik itu sebagai zat pembentuk kerangka tubuh, pertumbuhan hingga reproduksi. pentingnya bagian reproduksi untuk kelangsungan hidup seekor ternak, diperlukan berbagai nutrisi di dalam tubuh, di.

Di dalam tubuh ternak diyakini terdapat mekanisme pembersihan hormon (hormone clearance) yang berlangsung di hati (Lindsay et al., ). Hal ini berarti pengaruh nutrisi terhadap performan reproduksi mungkin juga dipengaruhi oleh laju pembersihan hormon.

Jurnal lemak dalam tubuh ternak
Rated 4/5 based on 49 review