Pengaruh perlakuan pada hewan coba terhadap berat badan pdf

Maksud Dan Tujuan Percobaan 1. Tabel 3. Kandungan lemak jenuhnya hanya 2,13 gram per gram, dan juga terdapat lemak tak jenuh ganda sebesar 1,82 gram per gram Yuliarti, Hasil perhitungan uji t antar kelompok perlakuan tersaji pada tabel berikut. Dinding dan lantai misalnya harus tahan air dan mudah dicuci.

Selain itu, peningkatan kadar trigliserida yang lebih tinggi pada kelompok diet tinggi lemak menyebabkan penurunan HDL yang lebih banyak pada kelompok ini bila dibandingkan dengan kelompok diet tinggi karbohidrat.

Penatalaksanaan diabetes mellitus tipe 2 dimulai dengan diet, latihan fisik dan pengaturan aktivitas fisik. Kelebihan gula yang kronis di dalam darah hiperglikemia tersebut akan menjadi racun bagi tubuh. Konsumsi asam lemak MUFA justru dapat memperbaiki kadar kolestrol dan memproteksi kerusakan arteri Yuliarti, Seperti halnya penelitian yang dilakukan oleh Samaha et al bahwa ternyata karbohidrat yang selama ini masih dianggap sebagai komponen makanan yang aman sehingga direkomendasikan dalam prosentase yang lebih tinggitetapi akhirakhir ini mulai diperhitungkan peranan karbohidrat tersebut dengan terjadinya aterosklerosis.

Hal ini dapat mempercepat siklus pengambilan kolesterol. Meskipun dapat meningkatkan berat berat badan, namun kandungan pektin dalam buah pisang dipercaya dapat menurunkan kolesterol Endrinaldi dan asterina, Pada penelitian ini, jumlah kalori pakan yang diberikan pada masing-masing kelompok diet a dalah iso kalori yaitu Penyakit menular 2.

Sedangkan pada kelompok diet tinggi karbohidrat, penurunan HDL lebih lama prosesnya. Serat kasar merupakan residu dari bahan pangan nabati yang biasanya terdiri dari selulosa, lignin dan pentosa.

Small Dense LDL inilah yang lebih bersifat aterogenik dibandingkan LDL karena selain mudah mengalami oksidasi, partikel ini juga lebih mudah melakukan penetrasi terhadap dinding arteri. Pada penelitian ini terlihat peningkatan berat badan yang lebih tinggi pada kelompok diet tinggi lemak dibandingkan diet tinggi karbohidrat dikarenakan efek dari pemberian diet tinggi lemak dapat menurunkan kadar hormone leptin, sehingga dengan kadar leptin yang rendah, nafsu makan dan asupan makan pada kelompok ini akan meningkat, dan berat badan juga alami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan kelompok diet tinggi karbohidrat.

Sehingga dapat menaikkan berat badan namun tidak berpengaruh terhadap kenaikan kadar kolesterol. Farmasi, Universitas Airlangga, Surabaya. Peranan hewan percobaan dalam kegiatan penelitian ilmiah telah berjalan sejak puluhan tahun yang lalu. Reaksi glikolisis yang meningkat ini akan menyebabkan glukosa yang diubah menjadi asam lemak juga meningkat.

Kadar kolesterol akan terbaca setelah beberapa detik. Buah pisang dan alpukat dihaluskan hingga menjadi serbuk dengan blander. Sudah barang tentu penggunaan hewan percobaan tersebut di atas disesuaikan dengan macam percobaan biomedis yang akan dilakukan. Pemakaian obat-obat sintesis sebagai antidiabetes, kemungkinan memiliki efek samping yang tidak dikehendaki karena digunakan dalam waktu relatif lama.

Penurunan jumlah asam empedu menyebabkan hepar menggunakan kolesterol dalam darah sebagai bahan untuk membentuk asam empedu.

Stimulasi terhadap feeding centre ini berakibat pada peningkatan rasa lapar. Tabel 1. Jurnal Hasil uji t juga dapat digunakan untuk melihat pada dosis mana ekstrak etanol daun teh lebih baik dalam menurunkan kadar glukosa darah pada tikus putih.

Makin banyak asam empedu yang berikatan dengan pektin dan terbuang ke luar tubuh, makin banyak kolesterol yang di metabolisme, sehingga pada akhirnya kolesterol menurun jumlahnya.

Katekin pada daun teh merupakan flavonoid kelas flavanol, tetapi selama proses pembuatan teh katekin dapat dioksidasi secara enzimatis membentuk theflavin dan thearubigin. Dan setelah dilakukan uji statistik, menunjukan adanya perbedaan bermakna dari kadar gula darah antar kelompok tersebut.

XXII, No. Mencit yang diberi ekstrak daging buah pisang dan alpukat yaitu yang memiliki berat badan berkisar antara g. Jumlah asupan makan dapat diketahui dari sisa pakan masing-masing hewan coba perhari.

Semua jenis hewan percobaan harus ditempatkan dalam lingkungan yang stabil dan sesuai dengan keperluan fisiologis, termasuk memperhatikan suhu, kelembaban dan kecepatan pertukaran udara yang ekstrim harus dihindari.

Sedangkan peningkatan trigliserida darah atau hipertrigliserida dipengaruhi oleh faktor gen dan konsumsi makanan seperti Karbohidrat, lemak, dan alkohol. Pembedahan Hewan Coba dan Pengukuran kadar kolesterol Mencit yang telah diberi perlakuan ditimbang berat badannya.

Masing-masing kelompok perlakuan diberikan sebanyak 0. Pada hakikatnya setiap obat dalam dosis yang cukup tinggi dapat bekerja sebagai racun dan merusak organisme Tjay, Jumlah asupan makan paling banyak pada kelompok diet normal menyebabkan kenaikan berat badan yang paling tinggi pada kelompok ini bila dibandingkan kelompok diet lainnya.

Hiperkolesterolemia adalah suatu kondisi jumlah kolesterol darah melebihi batas normalnya Vanessa dkk, TT.Pengaruh Diet Terhadap Berat Badan Sampel Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya perubahan berat badan tikus/hewan coba dari saat awal sebelum perlakuan hingga akhir perlakuan.

Perbedaan berat badan ini tidak lepas dari besar kecilnya asupan makan dari masing-masing kelompok percobaan. Pada penelitian ini, jumlah kalori pakan yang diberikan pada masing-masing kelompok diet a dalah.

Pada praktikum ini mengalami kekurangan pada percobaan perlakuan pergerakan, yaitu praktikan harus berlari-lari untuk membuat hewan coba lari beterbangan dan hal tersebut menguras energi dari praktikan.

Oleh karena itu untuk praktikum selanjutnya diharapkan ada inovasi baru yang dapat dilakukan untuk membuat hewan coba lari beterbangan tanpa praktikan harus mengejar hewan coba tersebut Author: Rosida Wardani.

pengaruh pemberian timbal (pb) dosis kronis secara oral terhadap peningkatan penanda kerusakan organ pada elbfrollein.com Pengaruh Pemberian Timbal (Pb) () El-Hayah Vol. 3, No.1 September Tahap Pemberian Ekstrak (Diet), Pengukuran Berat Badan dan Pembedahan pada Hewan Coba Penelitian ini menggunakan empat kelompok perlakuan, yaitu kelompok kontrol (diberikan aquades)/ (P1), perlakuan yang diberi ekstrak buah pisang (P2), perlakuan yang diberi ekstrak buah alpukat (P3), perlakuan yang diberi ekstrak buah pisang dan ekstrak buah alpukat (P4).

Mencit yang digunakan. Penelitian ini dimaksudkan untuk membuktikan pengaruh ekstrak etanol 70% daun teh terhadap penurunan kadar gula darah tikus putih jantan galur Wistar yang diinduksi dengan aloksan.

PENGARUH PEMBERIAN DIET TINGGI KARBOHIDRAT

METODOLOGI Bahan Penelitian Pada penelitian ini sebagai bahan utama adalah 1. Daun teh (Camellia sinensis L.) diperoleh dari kebun teh Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

PENGARUH EKSTRAK BUAH PISANG DAN

2. Hewan coba. ยท Hewan coba/hewan uji atau sering disebut hewan laboratorium adalah hewan yang khusus diternakan untuk keperluan penelitian biologik. Hewan percobaan digunakan untuk penelitian pengaruh bahan kimia atau obat pada manusia.

Pengaruh perlakuan pada hewan coba terhadap berat badan pdf
Rated 4/5 based on 64 review