Tinjauan pustaka diet dm 1700

Tujuan Untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkini mengenai diabetes mellitus dan cara pencegahannya. Diabetes dapat memengaruhi berbagai organ sistem dalam tubuh dalam jangka waktu tertentu yang disebut komplikasi.

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA DIABETES MELITUS

Universitas Sumatera Utara Sebagai contoh olah raga ringan adalah berjalan kaki biasa selama 30 menit, olehraga sedang berjalan cepat selama 20 menit dan olah raga berat jogging Iwan S, Akan tetapi, DM tipe 1 dapat muncul pada sembarang usia.

Pada obesitas, sel lemak yang mengalami hipertrofi akibat diet kaya lemak, menyebabkan penruunan produksi dan sekresi hormon insulin serta meningkatkan resistensi insulin. Selain itu, N-terminal fragment dapat memperantari respon seluler Fang, Kelebihan jumlah tenagai yang dimakan akan disimpan dalam bentuk lemak tubuh.

Hipoglikemia paling sering disebabkan oleh penggunaan sulfonilurea dan insulin. Neuropati diabetik yang paling sering ditemukan adalah neuropati perifer dan otonom. Penyuluhan kepada pasien dan keluarganya akan sangat membantu meningkatkan keikutsertaan mereka dalam usaha memperbaiki hasil pengelolaan DM.

Transmisi genetik adalah paling kuat dan contoh terbaik terdapat dalam diabetes awitan dewasa muda MODY, maturity-onset diabetes of the youngyaitu subtipe penyakit DM yang diturunkan dengan pola autosomal dominan. Pada umumnya dikenal 2 tipe diabetes, yaitu diabetes tipe 1 tergantung insulindan diabetes tipe 2 tidak tergantung insulin.

Adiponektin meningkatkan oksidasi lemak dan sensitivitas insulin.

Apakah penyebab dari diabetes mellitus? Sel-sel eksokrin yang berkelompok-kelompok disebut asini menghasilkan unsur-unsur getah pankreas.

Otot yang berkontraksi atau aktif tidak atau kurang memerlukan insulin untuk memasukkan glukosa ke dalam sel, karena otot yang aktif lebih sensitif terhadap insulin, sehingga kadar glukosa darah jadi turun.

Sementara mereka yang mengkonsumsi susu, mengkonsumsinya dengan frekuensi jarang Wulanti, Penambahan adiponektin dapat memperbaiki sensitivitas insulin dan dapat mengkoreksi hiperglikemi.

Asam lemak di dalam darah disertai TNF-alfa, leptin, dan adiponektin yang disekresi oleh adiposit berkontribusi terhadap resistensi insulin Powers, Fungsi hormon ini terutama adalah katabolik penguraian. Hiperinsulinemia atau hiperglikemia dapat mengurangi eskpresi AdipoR1 messenger Ribonucleid Acid mRNAyang berakibat pada resistensi gAd, hiperinsulinemia juga menginduksi sensitivitas fAd dengan cara meningkatkan eskpresi AdipoR2 Fang, Hal ini disebabkan karena STZ dapat mengganggu oksidasi glukosa dan menurunkan biosintesis serta sekresi insulin.

Individu yang peka secara genetik tampaknya memberikan respon dengan memproduksi antibodi terhadap sel-sel beta, yang akan mengakibatkan berkurangnya sekresi insulin yang dirangsang oleh glukosa. Patofisiologi a. Bila terdapat penurunan kesadaran pada penyandang DM harus selalu dipikirkan kemungkinan terjadinya hipoglikemia.

· - Klien dan keluarga menyatakan pemahamannya tentang penyakit, penyebab, gejala, komplikasi, pengobatan (pemberian insulin,diit DM dan obat-obatan oral), perawatan meliputi diet, perawatan kaki dan elbfrollein.com: Danu Winata.

10 BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Telaah Pustaka 1. Diabetes Melitus a. Pengertian Diabetes melitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik. menjalani diet diabetus. Menurut Sandjaja, dkk () diet DM adalah suatu terapi farmakologis yang sangat direkomendasikan bagi penyandang DM.

Diet DM ini prinsipnya melakukan pegaturan pola makan yang didasarkan pada status gizi diabetesi dan melakukan modifikasi diet.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA Diabetes Mellitus Definisi Diabetes berasal dari bahasa Yunani yang berarti “mengalirkan atau mengalihkan” (siphon). TINJAUAN PUSTAKA Diabetes Melitus Definisi Diabetes Melitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kinerja insulin atau kedua-duanya (ADA, ).

Menurut WHO, Diabetes Melitus (DM) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan. II. TINJAUAN PUSTAKA A.

Diabetes Mellitus Diabetes Mellitus (DM) adalah gangguan metabolisme yang ditandai dengan hiperglikemia yang berhubungan dengan abnormalitas metabolisme karbohidrat.

Tinjauan pustaka diet dm 1700
Rated 0/5 based on 89 review